PENGERTIAN
INDEKS
Secara
keseluruhan, indeks mempunyai tiga macam pengertian. Simak penjelasan berikut
ini.
a. Secara
umum, indeks di artikan sebagai suatu alat bantu untuk menentukan suatu tempat.
b. Dari
segi perpustakaan, indeks di artikan sebagai katalogis mengenai judul buku,
deskrisi buku, judul masalah, nomor klasifikasi, dan penyusunan dalam
penempatan buku sesuai dengan klasifikasi.
c. Dari
segi kearsipan, indeks di artikan sebagai petunjuk atau tanda pengenal untuk
memudahkan dalam menentukan tempat penyimpanan arsip. Dengan demikian, ketika
Anda membutukan suatu arsip maka dengan mudah dapat ditemukan kembali.
KEGUNAAN
INDEKS
Indeks
sangat berguna dalam dunia administrasi. Kegunaan indeks adalah sebagai
berikut.
a. Untuk
menelompokkan atau menyatukan arsip/dokumen yang memiliki kode dan kegiatan
yang sama, untuk kemudian disatukan kedalam satu berkas.
b. Sebagai
media penemuan kembali dokumen
SYARAT-SYARAT
MENGINDEKS
Untuk
memudahkan Anda dalam mengindeks, perlu diperhatikan syarat-syarat dalam
mengindeks antara lain sebagai berikut.
a. Singkat,
jelas, dan mudah dipahami.
b. Menggunakan
kata yang mudah dimengerti.
c. Memiliki
orientasi kepada kebutuhan pemakai.
d. Diambil
dan ditentukan dari isi surat tersebut.
0 komentar:
Post a Comment